My Y!

Saturday 9 June 2007

Pagi, teh dan music penuh semangat, kemudian lampu mati

Hari Sabtu mungkin adalah salah satu hari yang paling ditunggu. Terutama para pasangan yang lgi mesra2nya. Cowoknya dah bikin planning ntar malem ngapain n' ke mana aja. Ceweknya dah mikirin hari ni mo dandan kaya gimana. Berhubung saya jomblo, jadi ngga mengalami semua itu hari ini. Saya pagi ini terbangun tanpa inget saya mimpi apa (alhamdulillah, berarti saya tidur nyenyak hari ini, dan semalem tidur cepet). Abis itu, ke kamar mandi dan menyelesaikan segala 'bisnis' di sana, nyapu kamar n' beberes tempat tidur. Udah mikir2,enaknya ngapain hari ini. Setelah milih antara bikin kopi ma teh, karena saya pengen santai hari ini, so saya pilih teh aja. Hmm, da yang kurang. Cemilan ngga ada. Ya sudahlah, saya kan belom mapan, dah bergaya aja bangun pagi minum teh ditemani biskuit or roti. Hiks, jadi kangen rumah. Belakangan, di kost mulai berdatangan burung-burung mungil yang berkicau rame banget. Padahal ngga ada pepohonan tinggi, cuma ada tanaman-tanaman hijau yang nyegerin mata di tengah sumpeknya bangunan. Trus da temen yang lagi nyuci, jadi denger air ngucur deh. Puah.... adem banget rasanya.... Inget punya lagunya Glen featuring Tohpati yang Jejak Langkah yang kau Tinggal, saya memutuskan nyalain komputer dan ngedengerinnya via windows media player. Asyik....

Tapi emang, hari ni saya ga boleh adem ayem kali ya... Blom apa-apa, listrik dah anjlok dan 'njeglek'. S**t..! ehem... Saya berusaha untuk bersabar sampai listriknya nyala lagi. Dah nunggu agak lama, dengan perkiraan ngga bakal mati-sementara-mendadak, komputer di nyalain lagi deh, dengan sedikit was-was. Dan benar dugaan saya, ngga seberapa lama, dah mati lagi. Merutuk pelan, saya hanya berusaha menikmati teh anget yang udah saya buat. Setelah nunggu bentar, saat saya kira semuanya dah stabil, saya coba nyalain winamp di komputer, dan ganti nyetel lagu-lagu yang agak kenceng beat-nya. Sambil ngangguk-ngangguk dan bersenandung (senandung? sekenceng itu...?) saya menikmati sisa pagi yang dah beranjak siang, ditndai ma sinar mentari yang mulai masuk menyinari kamar (ciee).

Entahlah, sejak setahunan ini, kost jadi sering 'anjlok' listriknya. Kayanya da kesalahan, entah di pihak penghuni pa pengelola kost, pemakaian n pengaturan listrik. Buat ngehindari pemakaian 'ilegal', sekarang masing-masing kamar dah dipasangin MCB, so kalo tu kamar overload, yang mati kamar dia doang. But, ngga semuanya dipasangin. Jadi ya tetep aja, kalo kamar yang overload tu blom dipasangin, mati semualah listriknya. Ngga tau dah kenapa seperti itu. Dah dikomplain ke pengelola, tapi ya tetep aja, ngga ada perubahan apa-apa. Beberapa temen yang punya perkakas listrik, terutama komputer, dah pernah ngalami kerusakan. Kebanyakan power supply. Pernah lho saya ndiri lagi dikejar deadline, lagi asyik ngerjain tugas, listrik mati-sementara-mendadak dan lenyaplah semua kerjaan. Kepala dah puyeng, emosi meningkat, tangan dah pegel pegang 'tikus' dan ngetik, keluarlah beberapa sebutan manis untuk hewan disertai tanda seru. Abis itu, saya banting pintu dan pergi tidur karena mutung, yang ternyata diikuti ma salah satu tetangga kamar.

Dari situ, saya bisa ngambil kesimpulan, listrik juga bisa mempengaruhi emosi seseorang lho. Bisa bikin orang ngamuk kaya cerita di atas, bisa bikin orang takut (kesetrum, tagihan melonjak n' dikejar-kejar buat bayar listrik), bikin berani (kalo takut ma gelap, da lampu kan ngga takut lagi), bikin sedih (listrik mo dicabut, ngga bisa nge-game lagi deh, ato petugas PLN yang dicurhatin pelanggan yang ngga bisa bayar listrik gara-gara suaminya pergi ngga pulang-pulang) n' masih banyak lagi.

Anyway, kemaren saya mengambil pelajaran menarik gara-gara nonton sinetron. Contohnya, ada salah satu sinetron yang tayang di televisi milik kita bersama yng plotnya bener-bener, wow! ebut aja sinetron itu judulnya I. ceritanya nich tentang cewe yang ngga sengaja hamil di luar nikah ma cowonya, kemudian dia married ma tu cowo, eh bukannya bahagia tpi malah meninggal tu cowo. Kemudian ni cewe berusaha nyari duit buat ngehidupi diri sendiri ma bayinya yang baru lahir biar dia ngga tergantung ma keluarga mertuanya dan Nenek serta Tantenya. Ketemulah dia ma cowo, seorang dokter, dan kemudian cerita dimulai. Knapa sich kok bisa segitu menariknya? Well, anda tidak akan percaya kalo saya bilang ampir semua standart plot cerita picisan ada di situ. Mulai dari
1. Hamil di luar nikah
2. Rada2 ngga akur ma mertua, ato mertua yang cerewet
3. suaminya meninggal
4. Suka ma cowo tapi ngga direstui keluarga si cowo
5. Penampakan hantu orang2 yang udah meninggal pada hampir semua orang (si Nenek ma suami pertama tokoh utama cewe)
6. Orang kaya yang mendadak miskin, or sebaliknya
7. (Biar gampang ngakhirin kontrak) Matiin beberapa tokoh sekaligus dalam satu ato dua episode sekaligus)
8. Di jegal ma temen kantor ndiri
9. Ketemu ma ibu kandung yang dah ninggalin dia bertaun-taun
10. Tokoh yang sakit-mpe-mo-mati
11. Anaknya ilang
12. Anaknya ketuker ma anak orang
13. Mertuanya saking ngga sukanya ma menantu mpe nyari2in jodoh buat suaminya
14. ngedonorin organ walo ngga disuka sama keluarganya
15. Jatuh pingsan sewaktu berusaha ngehalangin tokoh lain yang mo pergi dari rumah, ato hal-hal lain yang seharusnya bisa ngga usah pake pingsan segala
16. Pemerasan atas masa lalu seseorang
17. Anak masih SD dah ngiri ma anak tokoh utama yang prestasinya lebih dari dia dan lebih dipuji ma orang lain padahal anak itu ngga lengkap anggota tubuhnya, trus timbul persingan ngga sehat. Bayangin, anak SD gitu lhoh.... Pantes aja, gedhenya pada berantem
18. Halhah, saking banyaknya mpe saya bingung nulisnya

Yang jelas nich, satu hal yang ngga boleh kita lupa dari sinetron ini (ni bagian paling bagus dari cerita ini) adalah kaga ada tokoh antagonis yang melototin mata, berkacak pinggang, n bergaya ketus pas marah2 ma tokoh utama plus nendang2 tokoh utama buat nyuci piring. Semua kebagian jatah jadi antagonis kecuali pemeran utama. Itu doang yang bagus. Selain itu, pada suatu episode, dah da tanda-tanda ujung akhir sinetronnya (cerita yang pas awal episode masih sedih-sedih, trus akhirnya hapily ever after semua, ato semua tokoh pada diimpiin ma tokoh yang dah meninggal yang bilang,'Udah deh, abis ni aku aja yang njagain tokoh utama'), dengan huibat si pembikin sinetron bikin ulah lagi di skrip episode selanjutnya dengan bikin konflik-konflik baru ngga jelas, jadi ngga tamat-tamat deh mpe sekarang.

Da yang berminat nambah plot ga jelas?

No comments: