My Y!

Tuesday 23 October 2007

Tips pegi ke pasar tradisional

Pengalaman mudik ke kampung halaman pas lebaran bisa jadi berkah (tentu dong). Gimana ngga? Setelah lama banget jadi orang kota yang doyan ng-mall, saya jadi diingetkan lagi buat jalan ke pasar tradisional. Mami tercinta suatu pagi minta ditemenin ke pasar buat blanja kebutuhan seminggu ma bikin opor ayam (Gila! Ayam sekilo 20rebu!) Yah, yang namanya pasar tradisionil tuh yang pasti becek kala hujan, berdebu kala kering. Sampah di mana2, orang2 bego menggunakan jalan buat pejalan kaki untuk sepeda motornya, yang pasti hiruk pikuk manusia dan ayam dimana2.
Sepanjang jalan jadi mikirin, enaknya masukin blog aja kali yah... Maklum aja, sepanjang pengetahuan, ga semua orang bisa masup pasar tradisional. Pertama2, untuk mengeliminasi efek2 yang ga perlu, pastikan:
1. Ga punya penyakit benge', alergi ato sensitifitas idung, kulit dan mata yang berlebihan. Maklum aja, dimana2 debu dan sayur nyampur jadi atu.
2. Ga punya penyakit... eh... ga jijikan. Bisa dibayangin deh, makanan yang tersaji lezat di meja itu berasal dari sayur mayur dan bumbu yang digelar di pasar. Kalo ngeliat gimana prosesnya tu bumbu dari kebon, ke truk pengangkut sayur, blom lagi diinjek2, trus digelar ma para pedagang hanya beralaskan karung, dibungkus pake kertas bekas, Wow! Bisa mencret2 dah mikirin tu sayur dapet kuman dari mana2.
3. Ga lagi linglung, anemia atopun amnesia. Tingkat kesadaran penuh dibutuhkan buat menghindari lubang2 di jalan yang tak kasat mata, sepeda motor yang seenak jidat berlalulalang, dasaran pedagang di pasar yang tiba2 nongol di pinggir jalan dan laen sebagainya.

Selaen itu, belajarlah skill menawar harga barang yang bagus. Ga semua pedagang tuh ngasi harga masuk akal terhadap benda yang dijualnya. Ga kaya swalayan yang harganya pas plus kena pajak pertambahan nilai, harga di pasar tuh ga kepotong pajek, paling cuma lebih mahal buat nutup biaya kulakan si pedagang plus laba. Kata temen saya yang jago nawar sich, kalo mo tega2an, banting aja harganya jadi 1/3-nya. Tu kalo dah kebal dipelototin ma si tukang. Pelan2 naikin harganya, sampe dirasa pas ma harga aslinya. Biasanya sich, yang bakal bisa ngelepas dengan harga murah tuh pedagang suvenir. Kalo diterapkan ke pedagang sayur mayur sich, bisa2 disambit ma yang jual pake sendal jepit (kalo yang jual pake bakiak yang disambit pake itu, biasanya yang disambitkan tuh benda apapun yang lagi dipegang ditangan ma dipake di kaki). Kalo baru pertama ke pasar tradisional, cobalah untuk meliat2 keadaan dulu. Kalo perlu, semua toko disurvei harganya, trus dibandingin. Biasanya, sekali dua kali tiga kali ke pasar ntar bakalan tau deh, toko mana yang ngejual barang dengan harga rata2 ato murah. Kalo ga sempet survei, biasanya keliatan, toko mana yang banyak dikerumunin orang biasanya yang murah, kecuali kalo di situ da yang lagi luka parah ato terjadi kebakaran.

Kelebihan belanja di pasar tuh, kita punya lebih banyak pilihan. Mo yang seger alami ada, yang murah ada. Bisa ngebandingin harga satu sama lain, dan ketemu berbagai macem kalangan manusia, ini sich dari segi forum silaturahminya. Belom lagi ada segi petualangan yang ngga ada habis2nya. Plus, ga kelamaan ngantri di kasir dan ketemu orang yang lagi dihindari misalnya. Kan bayar di tempat belinya...

No comments: