My Y!

Friday 30 November 2007

Penyu yang berevolusi

Boleh percaya boleh ngga, penyu dan biawak tuh sama. Lho, kok bisa? Yups. They have the same ancestor. Mereka pun termasuk dalam ectothermic vertebrates atawa makhluk (bertulangbelakang) berdarah dingin. Maka berbahagialah para buaya darat karena mereka sodaraan ma penyu dan biawak (statement ga penting hari ini). Yang bikin beda adalah penyu punya karapaks di punggungnya (yeps, that think that you called "home" is his carapace). Penyu paling tua tuh namanya proganochelys (karapaksnya 60 cm). Mereka idup di daerah lembab dan berhasil survive dari penyakit asma yang mematikan di jaman Triassic. Karena perbedaan hobi kala liburan (satunya doyan hiking, satunya doyan nyilem), they splitted their way to the ocean and tadaaa....! Kita mengenal penyu laut hari ini (dan juga bulus atau kura2 yang hidup di terrestrial)
Banyak banget yang membedakan penyu ma bulus, salahsatunya adalah akal. Hehehheh... Anyway, penyu berevolusi membentuk flipper yang berbentuk dayung sebagai pengganti kaki agar ia bisa berenang lebih lincah. Hal ini ga bisa didapet kalo mereka masih punya kaki. Penyu kan jarang jalan2 ke mall. Ukuran karapaksnya juga jadi STREAMLINE, well, maksudnya lebih pipih, bersisik dan memiliki celah di antara tulang punggungnya. Karena itulah mereka jadi lebih ringan. Bentuk tubuhnya juga lebih kecil. Inilah yang bikin kepala dan flipper penyu ga bisa masuk ke 'rumah'nya. I told you last time. Bandingin ma kura2 yang pernah kita liat, beda kan?
Karapaks ini pulalah yang jadi salahsatu dasar identifikasi spesies penyu, selain juga bentuk kepalanya. Details? Later guys....!

1 comment:

what do turtles eat said...

These are some of the interesting facts about turtle. There are many interesting turtle facts which are still left untold. If you wish to have turtle as a pet then you should keep these facts in your mind. Knowing these facts will certainly help you to figure out oddity in the behavior of your pet turtle. These facts will help you in understanding your pet turtle properly. Whenever you decide you to purchase a turtle as a pet make sure that you are able to take proper take of them. They should be provided with healthy environment and food