My Y!

Monday 9 July 2007

Cara ngatasi penyakit Migrain

Sejak saya SD, saya sering banget ngalamin yang namanya sakit kepala sebelah, alias migrain. Ga sembarangan, sakit ni dah bikin kacau saya berapa kali, termasuk beberapa di antaranya ujian sekolah dan acara keluarga yang penting. Diawali dengan pandangan kabur (biasanya blur cuma di mata kiri ato kanan doang), karena kaya ada yang ngehalangin mata dari ngeliat. Kadang kalo saya amati, bentuknya da yang kaya awan, kadang pohon cemara, ato ga berbentuk, yang jelas pake cara apapun (mulai dari ngucek-ucek mata mpe nyolok2 mata, tapi saya ga nyaranin cara yang terakhir) kaga bakalan enyah dari mata kita. Abis gitu, kita kaga bisa ngeliat pake ekor mata. Disusul dengan sakit kepala sebelah yang amat sangat menyakitkan (biasanya kanan doang ato kiri doang, n' saya ngga tau bedanya kalo yang sakit kanan ato kiri, kalo ngga salah da kaitannya ma syaraf). Abis itu, mata ma kuping jadi sensitif ma rangsangannya masing-masing. Yang mata ya sama cahaya, yang kuping ya ma suara. Dua kepekaanini kadang2 aja kejadiannya, kadang menyertai gejala kadang ngga. Nah, yang paling nyiksa abis itu adalah muntah. Pernah ni, saya kena serangan, trus abis tu muntah kaga berenti2 mpe lemes, cairan lambung (?) saya sampai keluar, kuning bening, baunya ngga enak bikin muntah (oops, ini kan proses gw muntah?). Tapi abis itu biasanya legaan dikit sakit kepalanya, yah, meskipun mungkin masih akan sakit lagi juga. Durasi serangan bisa bervariasi, antara 2 jam mpe berjam-jam.
Menurut Nyokap (2002), kalo gejala2 awal tadi dah mulai nongol, segeralah ambil tindakan dengan minum obat sakit kepala (yang spesifik buat ngobatin migrain lebih oke), minum teh anget dan tidur. Ditambahkan oleh Jatu (2004), lebih baik lagi kalo nenggak Pol*****g (maap, bukan adlip), minum kopi anget dan berangkat tidur. Karena disinyalir, cafein membantu meringankan beban sakit kepala di syaraf karena dia mengandung obat penenang, sumthin' like that lhah. Menurut Mbak Mira (2007) -sepupu jauh saya- paling asoy kalo kena migrain langsung mencoba untuk tidur karena disinyalir, migrain tuh nongol karena tubuh (utamanya syaraf di otak) tu kurang istirahat. Jatu (2007) juga menambahkan kalo mo lebih cepet pulih, sebaiknya berada-lah di sekitar orang lain, itu akan membantu. Masih menurut Jatu (2007), penyebab migrain antara lain adalah masuk angin, kena adem2 pas tubuh lagi panas ato berkeringat yang mana adem2nya ini ngga sehat, biasanya angin, kurang istirahat dan kebanyakan pikiran. Dua kejadian belakangan, migrainnya gara2 keramas kepagian, masuk angin dah.

No comments: